Terima Kasih Kunjungannya. Mohon Kritik dan Saran!

Minggu, 08 Mei 2011

PANTAI KLAYAR; SURGA DI BUMI PACITAN


Pantai Klayar adalah salah satu pantai yang berada di Pacitan. Panyai Klayar berada Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Letak pantai ini berada kurang lebih 40 km arah barat daya Kota Pacitan. Perjalanan ke Pantai Klayar dapat di capai sekitar 90 menit dari Kota Pacitan menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai Klayar merupakan teluk kecil yang terbentuk dari tebing-tebing karang. Garis pantainya tidak terlalu panjang, hanya sebanding dengan panjang garis Pantai Ancol, di Jakarta Utara.

Pantai Klayar sangat eksotis, sangat berbeda dengan pantai lain yang berada di Kabupaten Pacitan. Pantai ini berpasir putih nan berpasir lembut dan airnya berwarna biru. Pada bagian timur pantai ini terdapat tebing-tebing kapur yang sangat cantik yang tiada henti dihempas debur ombak pantai selatan yang terkenal ganas.

Pada bagian barat pantai, terhampar tebing-tebing nan menghijau. Dari tebing bagian barat inilah terlihat pemandangan pantai dan laut selatan yang sangat indah dan cantik. Dari tebing bagian barat ini dapat pula kita lihat sebuah karang yang mirip Uluwatu di Pulau Bali. Keistimewaan lain pantai ini, deburan ombak yang menerjang celah karang bisa menimbulkan bunyi seperti seruling. Terdapat juga fenomena yang menyerupai air terjun yang sangat menakjubkan.

Berada di Pantai Klayar, seolah berada di bagian dunia lain. Karena tebing-tebing di pantai ini mengingatkan pada perang Inggris melawan Perancis dalam film Robin Hood yang dibintangi Russel Crowe. Sangat eksotis!

Klayar berasal dari kata klayar-kluyur yang berarti jalan-jalan. Sesuai dengan makna namanya, Pantai Klayar memang tempat sangat menyenangkan untuk jalan-jalan. Karena kawasannya masih alami, suhu air sungai dari bukit menuju pantai masih dingin dan jernih.

Untuk menuju pantai ini, bila Anda memulai perjalanan dari Kota Pacitan, Anda bisa menyusuri jalan Raya Pacitan – Solo melewati Pantai Teleng Ria menuju Kecamatan Pringkuku – Kecamatan Punung – Kecamatan Donorojo. Bila sudah berada di Donorojo, Anda mengambil arah ke kiri menuju Desa Kalak dan Pantai Klayar. Bila perjalanan Anda dari Jogyakarta, Anda melewati Wonosari – Pracimantoro – Giri Belah ke kanan kea rah Desa Kalak dan Pantai Klayar. Dari Solo, Anda menuju Wonogiri – Baturetno – Donorojo ke kanan menuju Desa Kalak dan Pantai Klayar.










4 komentar:

  1. wah,,bagus sekali pantainya pak..saya blm pernah kesini, dekat ya pak dengan watu karung lokasinya..?

    BalasHapus
  2. Dari Pantai Watu Karung masih agak jauh. Pantai Watu Karung berada di Kecamatan Pringkuku sedangkan Pantai Klayar di Kecamatan Donorojo. Dari Pringkuku, Punung trus Donorojo!

    BalasHapus
  3. asyik emang di pantai klayar suasananya yang semilir dan mendukung. jadi ingin kesana lagi

    salam juga dari magetan dengan pesona wisatanya

    BalasHapus
  4. Memang asyik dan menakjubkan!

    Salam kembali, saya juga sering mengungjungi obyek wisata di Magetan! Kebetulan isteri saya orang Magetan!

    BalasHapus